Sabtu, 08 Desember 2012

Redenominasi

Bismillahir Rohmanir Rohiim...

rencana pemerintah yanh ingin melakukan redenominasi terhadap mata uang Indonesia sepertinya akan membawa banyak dampak bagi negeri ini. Tak terkecuali dengan panduduk negeri ini. Bayangkan saja, dari Rp. 1000 akan disusutkan nominalnya menjadi Rp.1.
Kementerian Keuangan menyatakan ada kekhawatiran masyarakat terkait rencana redenominasi atau penyederhanaan mata uang rupiah yang akan dilakukan. Masyarakat khawatir terjadinya inflasi berlebih. Namun Kemenkeu sudah menyiapkan siasat.
"Redenominasi merupakan penyederhanaan cara penulisan dengan menghilangkan 3 digit, jutaan jadi ribuan tanpa mengurangi daya beli harga terhadap nilai rupiah untuk barang atau jasa. Harga mengikuti. Beda dengan sanering, nilai uang dipotong tidak diikuti harga barang sehingga daya beli turun," jelas Agus Suprijanto (Kemenkeu) saat ditemui di kantornya, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Jumat (7/12/2012).
Agus menyatakan, langkah antisipasi yang disiapkan untuk mencegah inflasi tinggi saat redenominasi sudah disiapkan. Perrtama, mengedarkan uang redenominasi dan uang lama secara bersamaan. Kemudian ada kewajiban pedagang mencantumkan dua label harga berbeda di pasar, harga lama dan harga dengan nilai redenominasi.
"Jadi pada masa transisi sekitar tahun 2014 sampai 2018, kita menggunakan dua denominasi (mata uang) yang berbeda, dan di pasar itu harus mencantumkan dua label harga (dual price tag). Lalu tahun 2019 sampai 2022, kita akan menggunakan mata uang baru yang telah diganti denominasinya. Jadi prosesnya sangat panjang, bisa 8 tahun, bahkan 11 tahun dari masa persiapan," jelasnya.
semoga saja apa yang dipikirkan oleh Kemenkeu bisa terealisasi dengan baik, sehingga benar bisa membawa manfaat bagi negeri dan penduduknya, serta tidak membawa dampak psikologis yang akan merugikan bagi bangsa ini, aamiin Yaa Alloh... Allohumma aamiin

sumber:m.detik.com/finance/read/2012/12/07/192256/2112665/5/rp-1000-jadi-rp-1-mata-uang-baru-akan-diterbitkan-untuk-cegah-inflasi

2 komentar:

  1. redenominasi ini artinya pemerintah mahu ganti matawang indonesia tapi secara bertahap, bgtukah kak? maksudnya tidak sekaligus semua matawang indonesia dibekukan tapi secara bertahap diganti dgn nilai yg baru?? tapi kalo bgtu tetap saja akan berlaku inflasi kan kak? berarti harus ada dulu pencerahan publik dan persiapan ekonomi dalam negeri utk membendung krisis ekonomi nantinya..

    BalasHapus
  2. iya sayang, pemerintah Indonesia ingin melakukan penyusutan pada nominal mata uang Indonesia. ini memang wacana yang bagi kk sangat mencengangkan. Kemenkeu Indonesia sich katanya bilangnya mau mengeluarkan dua jenis mata uang nanti untuk memudahkan masyarakat dalam pengaplikasiannya. Sosialisasi memang sangat dibutuhkan dalam hal ini, terlebih lagi masyarakat Indonesia masih sangat banyak yang kurang pendidikannya. inflasi tentu bisa saja terjadi dengan sangat cepat bila Kemenkeu tdk ada siasat dalam hal ini, tapi katax beliau pux ide untuk menghindarkan hal tersebut(trmasuk mngeluarkan dua mata uang tadi), semoga Alloh SWT Yang Maha berkehendak berkenan memudahkan perbaikan perekonomian di bumi Indonesia ini, Allohumma aamiin...
    ^_^

    BalasHapus